Adventure Across Nation

SMP - SMA (Project and Problem Based Learning)

ADVENTURE ACROSS NATION, yaitu sebuah program perjalanan yang akan membentuk KARAKTER & LIFESKILLS bagi siswa-siswa dengan konsep PETUALANGAN.

Mereka kami ajak berangkat dari Singapura menuju Malaysia dan berakhir di Thailand. Mereka mengalami sebuah pengalaman yang tidak akan mereka lupakan. Dimana mereka akan diberikan kesempatan menjadi event Manager untuk mengurusi perjalanan mereka sendiri. Selama disana anak-anak akan belajar tentang bagaimana mereka harus mempersiapkan masa depan mereka.

Mereka akan melihat bagaimana Singapura yang merupakan negara kecil dan miskin sumber daya alam namun kaya akan sumber daya manusia. Mereka juga melihat bagaimana penang mendapatkan wisatawan dengan Art streetnya. Dan Thailand yang merupakan surga dengan bangunan candi tapi justru ini daya jual dari thailand.

Dengan melihat kenyataan ini serta ditambah program ke sasar hingga mereka harus memanage sebagian besar perjalanan ini, mereka akan mengubah mindset mereka bahwa pentingnya menggali potensi dalam diri untuk bersaing di era revolusi 4.0 .

Di Singapura, Malaysia dan Thailand nanti mereka akan dilatih kematangan mereka dalam mengambil semua keputusan seperti memilih tempat yang diinginkan, memilih rute, memilih transportasi, menyelesaikan masalah yang akan dihadapi dan memecahkan teka-teki ketika ada disebuah tempat yang tidak bisa menggunakan bahasa inggris.

Program Liburan edukasi untuk SMP – SMA yang didesain sesuai dengan kehidupan nyata untuk mereka belajar beradaptasi dan melatih kemampuan life skill mereka. Project hasil akhir mereka adalah buku antologi perjalanan tentang bagaimana menghadapi tantangan dalam berpetualang di 3 negara 4 kota (Singapore, johor, penang, hatyai, bangkok) .

TRAINING GOAL
Melatih Kemampuan leadership peserta dan gaya komunikasi untuk menjalankan sebuah rencana yang diatur sedemikian rupa.
Pengalaman Internasional  Bukan menjadi turisSurvive melakukan berbagai tantangan. Melatih kemampuan jurnalistik, menulis dan Digital Marketing.

 

Tiga kemampuan yg diamati Coach

Leadership

yaitu bagaimana mereka akan berusaha untuk membuat rundown sendiri, dimana akan ada beberapa keinginan peserta yang tidak terfasilitasi. Disinilah bagaimana mereka memutuskan jika menjadi manager bagaimana menfasilitasi rundown sesuai dengan kesepakatan bersama. Seorang leader juga harus mengatasi konflik team dengan baik. Hingga mampu mengatur waktu sebaik-baiknya.

Communication

  1. yaitu bagaimana mereka luwes untuk berkomunikasi dengan peserta lain, coach juga berkomunikasi dengan lingkungan eksternal yang tidak bisa menggunakan bahasa inggris dan bahasa melayu.

Marketing

yaitu mereka memilii kemampuan menjual pariwisata indonesia dengan mengandalkan teknologi dalam digital marketing. Mereka akan membuat mini banner menjelaskan tentang pariwisata indonesia. Dan menjual kegiatan pariwisata mereka di Social media.

 

Faktor yg diamati Coach (RODAT)

Responsibility

yaitu bagaimana mereka bertanggung jawab terhadap tugas dan perannya dari awal acara hingga acara selesai

Ownership

yaitu bagaimana rasa memiliki terhadap program ini sehingga mereka akan melakukan seratus persen fokus kepada terjalannya program ini dengan baik. Dan mereka juga diharapkan memiliki rasa ownership terhadap pariwisata indonesia

Dicipline

yaitu bagaimana mereka displin terhadap waktu dan tugas mereka agar program ini berjalan dengan baik

Accountability

yaitu mereka memiliki insiatif bertindak dan dapat dipercaya untuk menjalankan perannya masing-masing

Team Work

yaitu mereka bisa bekerja sama di dalam kelompok kecil yang beranggota dua orang dan kelompok besar dengan 8 orang

 

Role of Lost in The Country

Siswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Ada 2 peran dalam sebuah tim. Setiap siswa akan secara bergantian menjalani peran sebagai : Manager dan Accounting & finance yang akan mengatur perjalanan di setiap negaranya. Tugas Manager adalah bagaimana mereka akan membuat rundown perjalanan mengatur perjalanan hingga memutuskan sesuatu jika terjadi masalah. Mereka akan bergantian dengan kelompok di setiap negaranya. Beberapa aspek psikologis dari masing-masing peran akan di observasi oleh coach dan akan diberikan report di akhir acara.

Tantangan peran para siswa

I'm Manager

Deskripsi : Siswa akan memimpin rencana perjalanan yang dibuat bersama. Dengan mengatur dinamika perjalanan yang sesuai budget dan kelompok. Semua rencana diatur bersama oleh Manger yang bertugas setiap negara.

Tujuan : Melatih kemampuan leadership peserta training dengan komunikasi dengan peserta lain, anggota kelompok.

I'm Social Buzzer

Deskripsi : Siswa akan mempromosikan pariwisata indonesia kepada western di singapore dengan menggunakan media mini banner selama di beberapa kota.  Dan selama pelatihan siswa akan menjadi buzzer di media social untuk pariwisata indonesia.

Tujuan : Melatih kemampuan digital marketing dan presentation skill untuk peserta dalam mempromisikan pariwisata indonesia.

I'm Journalist

Deskripsi : Siswa membuat liputan jurnalistik di penang tentang review tempat menarik di penang atau mengapa penang menjadi salah satu destinasi oleh wisatawan asing.

Tujuan : Melatih kemampuan komunikasi, team working siswa dalam membuat liputan jurnalistik.

I'm Author

Deskripsi : Siswa membuat cerita pendek tentang wisata indonesia yang dipresentasi saat social buzzer, Sesi jurnalistik di penang  dan pengalaman terunik selama berpetualang selama 6 hari 5 malam di 3 negara 5 kota.

Tujuan  : Melatih kemampuan menulis siswa dengan mempromosikan pariwisata indonesia dalam sebuah tulisan.