Amazing Science Adventure

SMP - SMA (Project & Experiential Based Learning)

Belajar science itu menyenangkan, Mengapa tidak? Karena dengan begitu mereka bisa mengexplore lebih dalam rasa keingintahuan yang terpendam. Biasanya anak remaja tidak bisa untuk diajak lebih serius dalam memikirkan sesuatu, karena daya pengertian mereka masih terbatas oleh kurangnya pengalaman yang didapat dalam keseharian. Untuk itu program ini didesain untuk merancang rasa keingintahuan peserta lebih dalam terkait alam dan science.
Amazing Science Adventure (ASA) memberikan pengalaman menarik dalam bidang science yang akan memberikan mereka mengexplore kemampuan science lebih dalam dalam beberapa program workshop explore alam dan science yang dikemas secara menarik

Tujuan pelatihan :

1. Memaknai perjalanan dengan penuh kesan dan menjadikannya pengalaman berharga untuk menjadi dasar meningkatkan kualitas diri siswa.

2. Berdiskusi secara baik dan bijaksana serta menjalankan kesepakatan yang sudah dibuat menjadi bekal untuk bermasyarakat kelak.

3. Mendapatkan pengalaman mengorganisasi diri dan kelompok untuk menjadi bekal kemandirian untuk masa depan.

4. Menumbuhkan rasa Keingintahuan peserta dibidang science untuk menciptakan sesuatu

Tiga Kemampuan yang diexplore dalam Program ini :

1. Leadership yaitu bagaimana mereka akan berusaha untuk selalu berdiskusi dalam menghadapi permasalahan yang terjadi saat pelatihan. Mereka akan belajar menjadi pengambil keputusan ataupun pemecah masalah.

2. Communication yaitu bagaimana mereka luwes untuk berkomunikasi dengan peserta lain dan juga dengan coach. Dan bagaimana cara komunikasi
peserta dalam mempresentasikan budaya bangsa Indonesia kepada Wisatawan Asing

3. Science yaitu kemampuan mereka untuk menciptakan sesuatu dari alam.

4. Team working yaitu kemampuan peserta untuk belajar bekerja sama dalam proses perjalanan hingga akhir perjalanan dimana peserta akan membuat produk dari hasil team working tersebut.

Bagaimana kegiatan dalam program ini?

1. Belajar Science di Rumah Atsiri

 Tour museum di Rumah Atsiri peserta akan diajak mengetahui sejarah tentang penggunaan dan perkembangan Minyak Atsiri hingga masa kini, serta pabrik Citronella yang saat ini menjadi Rumah Atsiri

Aplikasi Citronella dengan mempelajari pengenalan tanaman, panen citronella, penyulingan, experience Essence dan Aplikasi dalam minyak Atsiri.

2. Belajar Leadership dan Team work di Bukit Sekipan.

Peserta akan melakukan kegiatan outbond dengan tema leadership dan team working dimana nantinya akan menjadi satu kesatuan kelompok yang memiliki tujuan yang sama dalam hal science. Kegiatan coaching clinic untuk team working

3. Explore alam di Air terjun Grojogan Sewu
Di hari terakhir peserta akan diajak untuk bersyukur atas keaneka ragaman alam yang dimiliki sehingga kita bisa menciptakan sesuatu yang bermanfaat dari alam.

4. Misi peserta
Mempelajari workshop selama kegiatan sehingga akan membuat secara team working satu produk Science yang terinspirasi dari Rumah Atsiri untuk kegiatan sehari-hari.
Membuat sebuah tulisan yang menarik tentang pengalaman science sebelum pelatihan, saat pelatihan yang didapat menjadi sebuah Jurnal menarik untuk dibaca.

5. Aturan Program Tourism Culture Entrepreneur
Peserta akan dibagi beberapa kelompok, satu kelompok dengan 7 orang dan didamping oleh satu coach.
Dengan beberapa peran diantaranya adalah : Captain, HR, Accounting, Desain & Creator, dan Eksekutor.

Keberangkatan peserta menuju tawangmanggu menggunakan kereta Eksekutif. Kepulangan menggunakan ELF yang akan diantar ke rumah